Tips Menulis Konten Blog

Posted by

Tips Menulis Konten Blog
Menulis konten di blog adalah hal teramat penting agar blog kita tetap hidup. Tapi menulis saja tidak cukup. Jika sekadar menulis, atau bahkan copy-paste utuh dari blog orang lain, niscaya blog kita akan ditinggalkan. Selain itu, Google pun akan mencap blog kita sebagai blog murahan.

Lebih baik, mencari artikel berbahasa Inggris kemudian menuliskan kembali dengan cara kita menulis dengan utuh. Kita hanya perlu mengambil saripatinya saja, lalu kita tuangkan ke dalam bahasa kita sendiri.

Saya banyak melihat website orang lain, terutama berbahasa Inggris untuk mengambil buah pikiran dan menuliskan ulang dengan gaya menulis saya. Saya juga menulisnya dengan mencantumkan sumber yang saya ambil.

Sekarang, kita membahas bagaimana menulis blog yang efektif. Efektif di sini ialah blog disajikan dengan kualitas standar yang membuat pengunjung merasa nyaman membacanya.

Oke, kita lanjutkan perjalanan.

1. Buat Paragraf Pendek

Menulis dengan paragraf yang panjang dapat membuat pembaca kita bisa. Akhirnya mereka meninggalkan blog kita. Mulainya dengan menulisnya menjadi paragraf yang pendek dan jelas.

2. Jangan Mencampur "Saya", "Kita", atau "Sesesorang"

Ini merupakan kesalahan jika tiba-tiba kita berbicara dengan menggunakan "saya" lalu beralih ke kata-kata "kita". Harus ada batasan, seperti dalam tulisan ini kata "saya" menjelaskan maksud dari penulis yang ingin jelaskan. Bercampur kata-kata tersebut tanpa batas yang jelas, akan mengaburkan perspektif pembaca.

3. Telitilah

Jangan membuat kesalahan kata dengan hilangnya atau berubahnya sebagian huruf yang membuat dahi pembaca mengerinyit. Seperti kata "Lantas" menjadi "Lintas". Walhasil, pembaca merasa tidak tertarik karena kebingungan.

4. Serasikan dengan Template

Kita mungkin pernah membaca blog orang lain yang memiliki huruf berwarna putih dengan background hitam sehingga membuat lelah mata kita. Usahakan agar tulisan kita dapat dilihat sejelas mungkin.

5. Cek Kembali di Kemudian Hari

Sangat wajar kita mengalami kesalahan, dan alangkah baiknya untuk mengecek kembali tulisan kita di kemudian hari. Mengeditnya kembali dan memberikan yang terbaik kepada pembaca.

6. Cek Kesinambungan Paragraf

Kadang dalam paragraf pertama kita membahas masalah A dan paragraf kedua kita membahas masalah B. Ini harus dihindari agar pembaca kita mengerti apa tujuan dari tulisan dalam blog kita.

7. Jangan Terlalu Jauh dari Pembahasan

Jika kita menulis tentu kita harus mengetahui tujuan tulisan kita untuk apa. Jika kita berbicara masalah ponsel, tentu yang dibahas ialah masalah baterai, kondisi ponsel, harga atau pendukung lainnya seperti sarung ponsel. Cukup sampai di sana, dan kita tidak perlu membahas masalah software. Buat bagian itu dalam tulisan lainnya.

8. Tulis yang Sesuai dengan Keinginan

Tentu kita harus menulis apa yang kita inginkan. Jangan kita menulis tentang ''Bagaimana memuat cokelat'' sementara kita sangat membenci cokelat.




FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 4:55:00 PM

0 komentar:

Post a Comment

Blog Archive

Powered by Blogger.
Subscribe via Email

Daftar Isi

Followers