5 Kesalahan Blogger Pemula

Posted by


Selamat! anda telah membuat blog baru. Itu merupakan pesan yang kita terima setelah kita membuat blog baru. Lantas, kita pun memiliki imajinasi tentang bagaimana blog kita dan membuat pengunjung tercengang. Tentu, ada sejumlah kesalahan yang kerap dilakukan orang ketika pertama kali menggunakan blog. Karena, saya juga merupakan korban dari kesalahan saya sendiri.

Kesalahan-kesalahan ini bisa menjadi kronis jika tidak diperbaiki secepatnya. Berikut kesalahan yang seharusnya dihindari bagi blog pemula, termasuk saya.

1. Auto Loading Music

Jangan pernah menaruh auto loading music atau lebih dikenalnya dengan lagu di dalam blog kita. Ingat, tidak semua pengunjung blog kita akan senang dengan lagu yang kita munculkan, karena setiap orang memiliki selera yang berbedar. Selain itu, lagu di dalam blog kita bisa membuat pengunjung merasa terganggu.

Auto Loading Music juga bisa membuat blog kita menjadi lemot ketika pengunjung ingin bereksplorasi lebih jauh di setiap kanal blog kita. Hasilnya, pengunjung meninggalkan blog kita jika dalam 30 detik, blog belum bisa terbuka.

2. Menggunakan Background Hitam dan Tulisan Putih/Terang

Ini bukan tentang seni, tapi kenyamanan pengunjung yang melihat blog kita. Bagaimana jika mengunjungi blog berwarna hitam lalu tulisan berwarna putih atau berwarna pink. Persentase pengunjung yang melihat blog dipastikan akan berkurang.

3. Terlalu Banyak Sidebar dan Berantakan

Blog yang ramping akan membuat pengunjung betah, terlebih jika blog itu sangat ringan ketika loading. Dengan blog yang ramping kita akan lebih menonjolkan konten kita.

Bagaimana dengan blog kita yang penuh dengan pernak pernik. Oke, mungkin itu banyak kagum, tapi bagaimana jika itu sampai mengganggu pembaca. Ingat kembali, tujuang blog kita pertama kali ialah memberi informasi bagi masyarakat dan kenyamanan ketika menerimanya.

Jadi, jangan sampai lebih banyak gerutuan pembaca yang keluar daripada penghargaan atas blog kita yang heboh.

4. Plagiarisme 

Jangan pernah plagiat. Jika kita ingin menyadur tulisan sesesorang tulis sumbernya, seperti yang sering saya lakukan. Copy-paste sangat dilarang oleh Google dan niscaya akan menjatuhkan ranking kita di mata mesin pencari tersebut atau blogger yang lain.

Untuk pemula, lebih baik menerjemahkan blog dengan bahasa kita sendiri. Upayakan jangan menggunakan google translete karena sulit dimengerti oleh pembaca.

5. Menggunakan "klik di sini" untuk Link

Pilih kata-kata yang lebih baik untuk sebuah link, jangan pakai klik di sini dengan pertimbangan akan merugikan pemilik blog. Dengan mendeskripsikan link dengan judul tertentu akan memperkaya informasi kita kepada pembaca.

Misal ada kata-kata ''Jika anda ingin melihat lebih lanjut silakan klik di sini''. Kata klik di sini itu mengandung link dan itu tidak akan membuat link ada menarik.



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 2:45:00 PM

0 komentar:

Post a Comment

Blog Archive

Powered by Blogger.
Subscribe via Email

Daftar Isi

Followers