Tips Terhindar dari Kekecewaan Belanja Online

Posted by

Tips Terhindar dari Kekecewaan Belanja Online
sumber foto: Google
Siapa yang tidak menginginkan mendapat cara termudah dalam belanja?, seperti hanya melihat dari ponsel sejumlah barang yang ditawarkan, dengan foto-foto terbaik, atau dengan posisi kita sambil rebahan di atas kasur yang empuk. Atau juga, di sela-sela kesibukan kita yang luar biasa, kita masih bisa sedikit meluangkan waktu memilih barang yang kita incar sejak dulu melalui toko online.

Namun siapa sangka kita berada dalam lingkaran orang-orang yang bakal dikecewakan oleh toko-toko online tersebut. Mungkin dalam masalah pengiriman, toko toko online tersebut menepati janjinya untuk urusan mengirim barang. Dan ketika barang itu sampai ke tangan kita, barang ternyata tidak sesuai dengan yang diharapkan. Kecuali, jika pembeli sudah menjelaskan secara detil barang tersebut, asli atau KW, baru atau bekas, dan kondisi secara menyeluruh, keputusan berada di tangan kita.

Hanya saja, misal, kita menginginkan sebuah tas original dengan harga yang lumayan, dan kita menemukan di toko online barang tersebut. Toko itu pun menjelaskan tas yang dia jual adalah asli/original. Namun, ketika barang itu datang, tas itu ternyata tidak asli.

Apa yang harus kita lakukan untuk menghindari hal ini?

1.    Kualitas Sebuah Toko

Di market place macam Tokopedia, Bukalapak, Shopee dan lainnya, setiap toko memiliki kualitas dan tingkatan. Tokopedia memiliki penilaian dengan label perunggu, perak, dan emas, bahkan bisa tingkatan lebih tinggi. Sedang di Bukalapak kita bisa menemukan pedagang besar menjadi salah satu yang terbaik. Tingkatan inilah yang harus diperhatikan. Semakin tinggi tingakatan sebuah toko online di market place tertentu maka kemungkinan besar kita akan mendapatkan barang yang paling sesuai dengan yang kita inginkan.

2.    Lihat Komentar dan Diskusi

Penting bagi kita mengetahui pengalaman orang lain membeli di toko yang kita incar barangnya. Pengalaman itu tentunya akan membuat kita semakin mawas, bukan?. Sebenarnya kita tidak terlalu mengharuskan seluruh komentar mulus 100% positif. Satu dua komentra bernada negatif sebetul sudah masuk dalam batas normal sebuah toko online. Hanya saja jika melihat komentar komentar itu 40% bernada negatif. Bukankah itu patut dipertimbangkan?

3.    Memasilitasi Chat Pribadi

Pedagang yang serius untuk melayani pelanggannya ialah yang memberikan chat atau nomor pribadi. Meski hal ini tidak memiliki kepastian tetap. Pasalnya, pemilik toko tentu akan mengerti keuntungan jangka panjang dari percakapan dan memasilitasi para pelanggannya. Dengan artian mengikat mereka dengan berada lebih dekat. Selain itu, mereka tentu tidak akan takut memberikan chat pribadi karena barang mereka yang sudah pasti memiliki kualitas bagus

4.    Jangan Tergiur Harga Murah

Harga tentu sesuai dengan kualitas barang. Jika menginginkan barang yang bagus tentu harus mengeluarkan uang yang banyak. Jangan percaya dengan omongan kualitas ori harga murah. Memang ada, tapi jarang toko seperti itu. Jika ada pun, akan banyak pembelinya.


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 3:25:00 PM

0 komentar:

Post a Comment

Blog Archive

Powered by Blogger.
Subscribe via Email

Daftar Isi

Followers